mengenal kecerdasan majemuk anak


Tahukah bunda kenapa  kita harus mengenal kecerdasan majemuk anak? Hal ini dikarenakan setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Kecerdasan ini di sebut kecerdasan majemuk atau dalam bahasa inggris disebut "Multiple Intelegences" yang di temukan oleh seorang profesor yang berasal dari amerika serikat bernama Howard Gardner. 

Dalam diri seseorang, sebenarnya ada 1 atau 2 kecerdasan yang lebih menonjol, dan jika bunda atau para pendidik bisa mengenali kercedasan anak itu maka bunda bisa mengarahkannya ke satu bidang tertentu sehingga dia akan lebih terampil dalam bidang yang ia tekuni nantinya.

Ada Berapa Macam Bagian dari Kecerdasan Majemuk Itu?

Kecerdasan majemuk menurut Howard Gardner ini dibagi menjadi 9 kecerdasan yaitu kecerdasan lingiustik, logika matematik, visual-spasial, kinestetik, musikal, eksistensial, intrapersonal, interpersonal, dan naturalis.

Kita tentu tahu bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap berbagai bidang ilmu dan pendidikan. Oleh karena itu Howard Gardner membagi kecerdasan seorang anak menjadi beberapa 9 bagian yang akan kita bahas bersama hingga akhir artikel ini.

Mengenal Kecerdasan Majemuk Anak Menurut Howard Gardner

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik yaitu kemampuan seseorang untuk berpikir dan memahami bahasa, baik secara lisan maupun secara tulisan. Biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik akan cenderung berani mengungkapkan pendapat, pandai merangkai kata dalam berbicara didepan umum, pandai menulis, juga suka bercerita dengan struktur kata yang lebih baik dibanding orang yang tidak memiliki kederdasan linguistik ini.

2. Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematik yaitu kemampuan dalam memahami angka, atau hitung-hitungan. Biasanya anak yang memiliki kecerdasan ini akan lebih cepat dalam menyusun puzzle, juga dapat memahami grafik lebih baik dibanding anak lainnya, cepat juga dalam menyelesaikan soal-soal hitungan serta memiliki nalar yang tinggi.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan visual-spasial yaitu kemampuan dalam menganalisis gambar atau suatu suatu objek. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung cepat mengenal wajah dibanding nama, lebih tertarik dalam bentuk gambar dibanding kata-kata.

4. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik yaitu kemampuan dalam melakukan gerak secara fisik. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih aktif, seperti suka menari, cepat dalam berlari, cepat menirukan gerakan yang ia lihat, serta suka berkegiatan yang menggunakan fisik.

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal yaitu kemampuan dalam memahami irama, nada, serta musik. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih cepat pandai memainkan alat musik, serta membuat nada-nada yang indah, suka bernyanyi, cepat menghafalkan irama.

6. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial yaitu kemampuan dalam memahami kehidupan, dan beragama. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih memikirkan makna kehidupan, seperti mengapa manusia hidup dan tujuan hidup manusia. kehidupan manusi setelah kemantian, intinya seseorang yang memiliki kecerdasan ini berfikir secara filsafat segala sesuatu dipikirkan secara mendalam.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal yaitu kemampuan dalam memahami diri sendiri. seseorang yang memiliki kecerdasan ini lebih suka menyendiri, memikirkan masa depan, menata kehidupan sendiri dibanding bergaul bersam teman-temannya.

8. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal yaitu kemampu dalam besosial. seseorang yang memiliki kecerdasan ini lebih cepat memahami masalah orang lain. suka bergaul dan lebih cepat mendapat teman kemanapun ia pergi. Disenangi dikalangan teman-temannya serta dapat memahami perbedaan pola pikir pada masing-masing individu.

9. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis yaitu kemampuan dalam memahami lingkungan dan alam dengan baik. Seseorang yang memiliki kecerdasanini cenderung lebih suka dengan flora dan fauna, suka memelihara hewan, dan bercocok tanam, suka liburan ke daerah pegunungan, serta lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Nah itulah berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Kecerdasan ini ternyata ada juga yang berasal dari bakat bawaan atau genetik. Jika bunda dapat memahami kecerdasan anak bunda sejak dini maka bunda dapat mengarahkan pada kemampuan anak tersebut. Semoga bermanfaat bunda.

Apakah sekarang bunda sudah memiliki gambaran tentang kecerdasan majemuk pada buah hati bunda? Jika bunda sudah mengetahuinya maka bunda sudah bisa  berencana untuk mengarahkan bakat yang ada pada si kecil agar bisa berkembang secara optimal di masa depan kelak. 

Itu saja hal yang dapat Ilmu Apa bagikan pada artikel bermanfaat kali ini, dan kunjungi juga artikel bermanfaat lainnya di situs resmi ilmu apa yaa!