Butuh tips investasi saham untuk pemula? Enaknya pilih saham apa ya? Investasi atau trading? Mana yang lebih menguntungkan Trading atau investasi? Nah semuanya sama-sama menguntungkan ya! Tergantung kamu beli untuk tujuan apa.Tetapi sebelum kamu memulai kamu  harus membaca tips dari kami.

PENGERTIAN SAHAM


APA ITU SAHAM ?


Saham itu adalah surat berharga yang mencatat kepemilikan kita pada suatu perusahaan.saham diterbitkan pada saat suatu perusahaan mau mengumpulkan modal dari masyarakat penerbitan pertama dari saham disebut IPO atau Initial Public Offering.Saat IPO,perusahaan menerbitkan sejumlah lembar saham,dan masyarakat seperti kita, bisa untuk membelinya. Misalnya tahun 2019 perusahaan es krim,Aice melakukan IPO tujuannya adalah untuk melunasi utang 300 miliyar, saat itu Aice menerbitkan 950 juta lembar saham publik,itu merupakan 15% dari total saham Aice saat IPO uang bergerak dari masyarakat ke Aice.Sedangkan transaksi yang terjadi berikutnya uangnya sudah bukan masuk ke Aice lagi, tapi ke siapapun yang melakukan jual beli saham tersebut.jadi sekarang sahamnya naik turun itu karena tiap orang akan menilai suatu saham di harga yang berbeda-beda.Kita bisa dapat untung dari saham.

Jenis-jenis keuntungan saham berupa:

1.DEVIDEN, artinya perusahaan membagikan keuntungan ke pemegang saham itu biasanya setahun sekali kalau perusahaannya lagi untung 
2.CAPITAL GAIN,merupakan selisih antara harga beli dan harga jual,capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

Apa bedanya Trading Dan Investasi?

- Jangka Panjang (investasi)
   Investasi=Beli saham 
   untuk 5 tahun atau lebih
-Jangka Pendek   (trading)
   Trading= Beli jual jangka pendek
    kurang dari 1 bulan

Mau Trading ataupun Investasi jangan mudah panik! Kalau harga saham turun
Siapkan perencanaan dan pembatasan resiko dari awal. Jadi bagaimana cara membuat perencanaan saham? Yuk Baca sampai habis 6 tips investasi saham untuk pemula yang sudah dirangkum dibawah ini.



6 TIPS INVESTASI SAHAM UNTUK PEMULA


Tips ini saya dapatkan dari pengalaman,dan belajar pada saat kuliah,semoga beberapa tips dari saya bisa kalian terapkan dan menambah pengetahuan kalian tentang saham.agar mudah diikuti bagaimana investasi saham, saya tuliskan dalam bentuk 6 tips investasi saham.

Note:investasi saham banyak unsur subjektifnya dari para investor,sehingga mungkin tips dari saya berdasarkan apa yang saya pelajari  mungkin tidak berlaku untuk sebagian orang.

 Tentukan modal awal


Yang paling penting dan utama adalah tentukan modal yang kalian punya,modal bisa kita gunakan untuk berpikir atau menentukan saham semacam apa yang akan kita beli,Investasi atau trading dan juga akan menentukan di perusahaan apakah kita akan membeli saham dan berapakah slot yang mampu kita beli.

2 Kalau masi pemula sebaikknya 5 saham saja

Anda masi pemula  dalam bermain saham? sebaikknya maksimal 5 saham saja agar kalian bisa dengan mudah mengontrol saham kalian agar tidak rugi,karena biasanya seorang pemula biasanya masih binggung dan belum banyak pengalaman tentang saham,misalkan seperti kapan saham harus di jual.

3 untuk investasi saham pilih saham ini

Jika kalian berpikir ingin Investasi saham atau jangka panjang pilihlah perusahaan yang sudah besar karena saham suatu perusaan yang sudah besar biasanya jarang turun,jika saham mereka turun biasanya tidak akan turun drastis dan  akan mudah untuk naik lagi,selain itu membeli saham perusaan besar juga akan membuat keuntungan yang sangat besar dalam 5 atau 7 tahun kedepan tergantung kapan anda akan menjualnnya. 

Pilihlah beberapa perusaan dibawah ini jika ingin Investasi:
1.BNI
2.MANDIRI
3.KALBE
4.INDOFOOD CBP
5.ASTRA INTERNASIONAL 
6.TELKOM
7.PT HM SAMPOERNA Tbk.
8.GUDANG GARAM 

4 Apapun yang terjadi tetap senyum


Jika saham yang kamu beli ternyata mengalami penurunan jangan khawatir  dan jangan sedih karna naik turun nya saham sering terjadi  sekali nya saham turun pasti akan naik kembali dan carilah situasi yang pas untuk kamu jual kembali saham yang kamu beli.jangan lupa tetap senyum dengan apapun yang terjadi,dan belajar lagi dari yang telah kamu alami.

5.Siapkan pembatasan resiko 


Batasi resiko yang akan terjadi sebelum membeli saham ya,bagaimana caranya? nah,sebelum membeli saham ada baikknya anda bertanya dengan orang berpengalaman atau searching terlebih dahulu perusahaan apa yang sahamnya jarang turun atau terus mengalami kenaikkan untuk membatasi resiko kerugian yang mungkin akan terjadi,intinya pandai membaca lapangan ya,dan jangan malas membaca atau mencari tahu terlebih dahulu. 

6 Banyak latihan dan belajar


Dari tips-tips diatas yang sudah saya sampaikan jika kalian malas belajar dan tidak mau memulai kalian tidak akan tetap maju dan tidak akan bisa,jika kalian ingin latihan saham sebaikknya Trading dulu karna jika pemula pasti masi binggung dan perlu belajar banyak lagi,jadi belajarlah dari pengalaman investor bisa dari Youtube atau pun Buku tentang saham.

Nah itu dia beberapa tips dari saya yang telah saya pelajari bagaimana apakah anda masi bingung? atau  tips dari saya masih sangat kurang? jika iya jangan khawatir saya akan membahas Saham lagi di lain waktu sampai tuntas dan sampai anda bisa dan tidak ragu lagi dalam bermain saham.

Itu saja 6 tips investasi saham untuk pemula yang bisa saya bagikan kepada kalian semua. Nantikan artikel saya selanjutnya tentang pembelajaran saham hanya di Ilmu Apa. Semoga Tips yang saya berikan kepada anda dapat bermanfaat dan bisa diterapkan.