Cara mengatasi tantrum pada anak


Bunda tentu sering merasa kesulitan saat mengatasi tantrum pada anak, bunda tentu harus tahu berbagai cara mengatasi tantrum pada anak bunda.

Ketika anak merasa tidak diperhatikan atau meminta sesuatu mereka sering melakukan berbagai hal untuk menarik perhatian orang tua seperti menangis meraung-raung, berguling-guling di lantai, membanting benda-benda yang ada disekitarnya.

Inilah 5 Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak


1. Tidak perlu merasa khawatir dan kasihan


Ketika anak bunda mengalami tantrum anak cenderung membuat orang tua merasa kasihan dan akhirnya bunda memberikan apa yang anak minta. Hal itu merupakan sesuatu yang tidak perlu bunda lakukan untuk mengatasi tantrum pada anak bunda. Bunda tidak perlu merasa khawatir dan kasihan kepada anak bunda, karena hal itu dapat membuat tantrum pada anak tidak dapat berhenti dan anak akan melakukannya setiap anak meminta sesuatu yang ia inginkan. Itulah cara mengatasi tantrum pada anak yang pertama kali harus bunda ketahui.

2. Pura-pura tidak mendengar tangisan anak


Saat anak tantrum bunda harus pura-pura tidak mendengar tangisan anak. karena jika makin diperhatikan maka anak semakin merasa ia melakukan hal yang benar dan tantrum anak semakin sulit di atasi. Jika bunda pura-pura tidak mendengar maka lama-lama anak akan merasa lelah sendiri dan merasa usahanya untuk menarik perhatian bunda hanya sia-sia saja. Akhirnya sang anak akan merasa lelah dan berhenti dengan sendirinya.

3. Menunggu tantrum anak hingga selesai


Selain pura-pura tidak mendengar, bunda juga harus menunggu tantrum anak hingga selesai. anak hanya tahan menangis tidak henti-henti sekitar 3-4 jam, setelah itu anak akan kelelahan. setelah tamtrum pada anak selesai bunda baru bisa menasehati sang buah hati dengan perkataan yang lembut dan bisa dimengerti oleh anak. misalnya bunda dapat mengatakan "nak jika kamu menangis bunda tidak akan membawa kamu kemana-mana lagi karena kamu membuat bunda malu". atau sesuatu yang dapat membuat anak merasa bahwa perbuatannya itu adalah sesuatu yang tidak baik. Cara mengatasi tantrum pada anak yang ini harus bunda lakukan walaupun omongan orang sekitar seakan menghakimi bunda.

4. Mengalihkan perhatian buah hati


Mengalihkan perhatian buah hati ketika dia mengalami tatrum adalah suatu hal yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya. misalnya ketika bunda berbelanja di toko atau supermarket kemudia anak bunda meminta mainan yang dia sukai padahal dirumah juga sudah ada mainan yang sama namun anak tidak mau mendengar bunda dan menangis sekencang-kencangnya, bunda bisa mengalihkan perhatiannya denga membawanya ke toko lain, dan tunjukan hal lain yang menurut bunda lebih baik. karena pada dasarnya anak sangat mudah melupakan sesutu dan tertarik pada hal-hal baru yang ia temui.

5. Membuat perjanjian


jika bunda telah melakukan 4 hal di atas bunda bisa membuat perjanjian dengan anak bahwa jika anak melakukan hal itu lagi bunda tidak akan menuruti apa pun yang ia inginkan. bunda bisa membuat perjanjian yang dapat dipahami anak dan bukan dengan cara mengancam atau menakut-nakuti anak. 

Nah itulah berbagai cara yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi tantrum pada buah hati bunda. bunda bisa mencoba cara-cara tersebut dirumah.